Selasa, 16 Februari 2010

Usaha Apa Ya?

Fakta berkurangnya atau bahkan tidak adanya sama sekali penghasilan di masa pensiun tak bisa dihindari. Masa itu akan datang dan harus dihadapi oleh mereka yang berstatus pekerja atau pegawai.
Umumnya, orang memutuskan membuka usaha sendiri sebagai jalan keluar mendapat dana pengganti sekaligus sebagai aktivitas mengisi masa tua. Sebelum menghadapi pensiun ada hal yang penting yang harus dipersiapkan yaitu mental. Mental menghadapi pola hidup yang berbeda dan mengubah mental dari mental seorang pekerja menjadi wirausahwan. Mengubah mental ini sebenarnya yang paling utama yang harus dipersiapkan.
Jika kondisi pekerja sekarang memungkinkan "menyambi" melakukan usaha, itu adalah jalan terbaik. Ketika sudah pensiun ia tinggal meneruskan atau memperbesar skala usahanya dari dana pensiun.
Sedangkan jenis usaha apa yang akan dilakoni sangay vareatif dan tergantung dari minat dan pilihan masing-masing orang.
Usaha itu bisa sejenis dengan pekerjaan kita selama ini, misalnya saat ini bekerja di bidang manufaktur, ia bisa mengambil usaha kecil-kecilan dulu misalnya menjual sparepartnya.
Jika anda selama ini bekerja di usaha tekstil, kita bisa berusaha dengan menjual tekstil secara eceran atau mungkin membuka usaha jahit menjahit di rumah kita. Dengan kata lain usaha yang diambil berkaitan dengan pekerjaan kita dimasa lalu, usaha yang sudah sangat kita pahami seluk beluknya.
Jenis usaha lain adalah yang berkaitan dengan minat atau hobi, misalnya juka hobi bercocok tanam, usaha yang berkaitan dengan pertanian atau memanfaatkan pekarangan rumah untuk bercocok tanam sekaligus menjual berbagai jenis tanaman sangat cocok bagi orang tersebut.
Beswar kecilnya skala usaha tergantung dari dana yang dimiliki. Itulah sebabnya persiapan membuka usaha silakukan jauh hari sebelum mas pensiun. Merasa harus melakukan usaha dimasa pensiun, akan memotivasi orang untuk mulai menyisihkan dana sebagai modal usaha itu kelak. Membuka usaha tidak bisa ujug-ujug mendapatkan hasil atau laba yang diharapkan. "Perlu proses dahulu untuk mencapai ke arah itu"
Salah satu hambatan dalam berusaha semasa pensiun adalah kenyataan bahwa kondisi tubuh tidak sebugar dimasa muda. Hal ini bisa disiasati dengan mengajak anak-anak yang tentunya sudah mulai besar atau bahkan dewasa untuk ikut terlibat.
"Itulah satu sebab mengapa kita perlu menyisihkan modal pada saat kita masih muda. Jika ada dana lebih, kita bisa memperkerjakan orang untuk membantu kita dalam usaha tersebut.


Semoga bermanfaat

7 komentar:

Anonim mengatakan...

ditempat saya ada bisnis bermodalkan kecil dan resiko kegagalan kecil juga nih pak. dapat asuransi dan keanggotaan seumur hidup. SALAM SUKSES n GO FREEDOM

Eliana Natalia on 16 Februari 2010 pukul 16.24 mengatakan...

teruzz berusaha.. S.E.M.A.N.G.A.T

Irfan Afif M. on 17 Februari 2010 pukul 22.17 mengatakan...

semoga sukses bruww

Syifa Ahira on 18 Februari 2010 pukul 09.46 mengatakan...

berwirausaha memang lebih menantang daripada musti duduk di kantor dari jam 7.30 mpe jam 4 sore..

Bagi Info on 18 Februari 2010 pukul 14.04 mengatakan...

waduh, kalo ditanya usaha apa saya juga masih bingung mau cari usaha apa,,, bisnis utama saya sekarang baru rental dan bisnis internet dengan penghasilan pas-pasan.

Unknown on 20 Februari 2010 pukul 12.57 mengatakan...

thanks sharing yg bermanfaat ini kawan.

Admin on 22 Februari 2010 pukul 21.09 mengatakan...

seperti cita2 sy...."menjadi pengusaha sukses" ayo pada jadi pengusaha,soal jnis usaha sbtulnya bnyak sekali di sekitar kita,lht aja skeliling kita,bnyak dtang inspirasi dari sana...

Posting Komentar

 

My Blog List

Followers

Blog Manajemen Diri Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template