Kamis, 18 Februari 2010

Trik Menerima Kritikan

Biasanya, perasaan orang akan langsung menjaditidak enak apabila mendapatkan kritikan. Seakan-akan bakal terjadi gangguan akan mengancam dirinya dan kehormatannya. Ia akan menganggap sebagai hinaan yang akan menurunkan harga dirinya sehingga biasanya pikiran kita dan bahkan tubuh kita akan langsung membela diri daripada menerima kritikan tersebut. Itulah umumnya sikap kita apabila menerima kritikan.
Berikut ada trik buat sobat-sobat untuk bisa menerima sebuah kritikan.

1. Menyukai Kritik dan Nasehat
Kita harus memposisikan diri menjadi orang yang senang dan merindukan dikoreksi (jangan hanya merindukan kekasih aja dong). Senang dinasehati seperti senangnya kita melihat cermin agar penampilan kita selalu bagus.
Kita mesti belajar menyenangi aktivitas mencari kritikan dan koreksi dari orang lain. Tapi jangan sampai hal-hal sepele ditanya-tanya sama orang seperti, apa baju yang saya serasi, apa rambut saya bagus, apa saya pantas memakai ini, itu dll. Malah nanti orang yang kita tanyain malah menjadi sebel melihat kita.
Begituah semestinya, sikap kita terhadap kritik. Persepsi ini akan menjadi baik, misalnya dengan senantiasa kita tanamkan di dalam hati kita bahwa :
- Kritik itu penting
- Kritik itu kunci kesuksesan dan kemajuan
- Kritik itu oembuka prestasi dan pengangkat derajat
- Kritik itu jalan untuk menjadi lebih baik

Sesungguhnya kita tidak layak takut akan resiko yang ditimbulkan oleh kritik, sebab tidak pernah ada orang yang hina karena dikoreksi. Justru kehinaan itu ada pada orang yang tak mau dikoreksi yang merasa dirinya paling hebat, paling bersih dan paling segala-galanya.

2. Cari dan Tanya
Pertanyaan yang kita sampaikan kepada teman kita adalah jangan bertanya "bagus tidak", "sukseskah saya". Tapi balikkan dengan bertanya "apa yang kurang yang harus saya perbaiki", "apa yang mesti saya sempurnakan", "kesalahan mana yang perlu saya koreksi". Belajarlah bertanya kepada orang lain dan nikmati saran-saran yang mereka lontarkan. Milikilah teman yang mau dengan jujur mengoreksi, tanya pula kepada istri, suami, anak-anak, karyawan, bos dan lain-lain. Semuanya tidak akan mengurangi kemulian kita.

3. Nikmati dan Syukuri Kritikan
Mempersiapkan diri untuk menerima kenyataan bahwa koreksi itu tidak selalu sesuai dengan keinginan kita. Ada kalanya isinya benar, caranya salah. Kita harus bersukur dan bersabar. Ada masanya isinya benar caranya benar. Kadang pula terjadi isinya salah meski caranya benar, dan kita harus tetap berterima kasih dan memaafkan.
Jangan melempar komentar apapun kecuali lontarkan ucapan terima kasih yang tulus kepada orang yang memberikan kritikan.

4. Evaluasi Diri
Jujurlah kepada diri sendiri tentang kritik dan koreksi yang datang. Jangan sibuk menyalahkan pengkritik, tapi camkan dalam hati mungkin inilah jawaban dari do'a-do'a kita supaya kita harus berubah.

12 komentar:

vie nasution on 18 Februari 2010 pukul 19.47 mengatakan...

kita memang harus siap untuk menerima pujian maupun kritikan....

Abdoel on 19 Februari 2010 pukul 17.25 mengatakan...

memang sulit menerima krtikan orang lain....
tapi Kritik itu jalan untuk menjadi lebih baik...

Mizan on 19 Februari 2010 pukul 19.17 mengatakan...

bener2 sob... ini salah satu hal yang perlu ane latih.. biasanya kritikan orang itu ane anggep becanda aja, tapi stelah dipikir2 ga bisa kayak gitu sih... :P

Aryo Halim on 20 Februari 2010 pukul 08.47 mengatakan...

kalau kita mau mau harus bisa menerima kritikan, tp sering kali kita anggap kritikan itu adalah ejekan, makanya kita marah

Larung lanang on 20 Februari 2010 pukul 09.48 mengatakan...

bener banget sob,,, nice infonya nih...
salam kenal ya...

Unknown on 20 Februari 2010 pukul 22.17 mengatakan...

kebanyakan dari kita suka mengkritik orang lain tapi pas di kritik balik oleh orang lain......kita tidak siap untuk menerimanya.

Akhatam on 21 Februari 2010 pukul 14.59 mengatakan...

Wah boleh nih tipsnya.. Tx sob!

Internet Cerdaskan Manusia di Tahun 2020?

Anonim mengatakan...

tipsnya menarik. mksh infonya..

Mhya on 22 Februari 2010 pukul 15.14 mengatakan...

perfecto emang seharusnya seperti itu,,,,,

Unknown on 22 Februari 2010 pukul 16.54 mengatakan...

boleh banget tips nya...
berkunjung balik yah...ada postingan baru nih

faiza on 3 Maret 2010 pukul 10.12 mengatakan...

betul..betul..betul..

Unknown on 14 Agustus 2010 pukul 13.57 mengatakan...

There are many websites cheap christian louboutin fernando sandal that sell brand name designer ladies handbags and will ship them right to your door. This often affords the discount christian louboutin shoes 70 off consumer the biggest selection and it also allows a chance to compare prices. It’s important to be careful when purchasing a louboutin shoes on sale quality designer bag in this way because you’ll want to be wary of imitations. uk christian shoes co Going to your local department store is a wonderful place to find a less expensive handbag. christian louboutin discount uk Most department stores don’t cater to women who are looking for a pricey handbag instead they have a varied selection christian louboutin boutique of reasonably priced and attractive ladies handbags

Posting Komentar

 

My Blog List

Followers

Blog Manajemen Diri Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template