Kamis, 22 April 2010

K e a d i l a n


Semua kehancuran, baik kehancuran diri, kelaurga, usaha, masyarakat bahkan kehancuran suatu bangsa disebabkan oleh merajalelanya kezaliman. Ketidakadilan berarti kezaliman, yaitu keadaan yang tak lagi menghargai dan menghormati hak-hak orang lain bahkan berprilaku sewenang-wenang merampas hak orang lain demi keserakahan dan nafsu belaka.
Kehidupan akan penuh ketegangan, kecemasan, tiada ketentraman karena merasa tak aman akan hak yang mudah dirampas kesewenagan. Bila ada hak yang dirampas maka akan menimbulkan perasaan sakit hati yang akan menggumpal menjadi kedendaman, kebencian dan permusuhan, sehingga suasana saling menghancurkan akan selalu ada.
Kezaliman adalah kegelapan yang akan menutup sinar kemuliaan manusia menjadi hina dan nista, merendahkan martabat manusia, akibatnya perbuatan menjelam seperti perilaku binatang.
Kezaliman adalah perbuatan dosa terkutuk yang pasti akan dibalas oleh Allah SWT dengan balasan yang setimpal dunia dan akhirat.
Zalim terhadap diri sendiri adalah salah satu contoh yang dapat kita rasakan. Tanpa disadari segala kerugian, kesengsaraan dan penderitaan yang kita alami adalah buah dari perbuatan kita sendiri, kita sendirilah yang menjadi biang dari derita kita, musibah dan kehancuran, karena segalanya tak ada yang tertukar. Setiap perbuatan akan kembali kepada pembuatnya.
Diantara kezaliman terhadap diri sendiri adalah tidak mengurus diri, sehingga menjadi makhluk lemah, hina, benalu, berlumur dosa.
Misalnya : membiarkan diri kotor, tak peduli kesehatan tubuh, makanan, istirahat, enggan berolah raga sehingga tubuh rusak, melemah, berpenyakit, memakan makanan haram, obat-obatan haram. Juga tak mau belajar menimba ilmu sehingga bodoh dan potensi diri tak berkembang, tak mau berlatih mengembangkan wawasan sehingga menjadi makhluk tak bermanfaat atau gemar maksiat, tak mau melakukan ketaatan kepada Allah SWT, melanggar perintah-Nya sehingga tubuh berlumur dosa dan layak mendapat balasan dari Allah SWT. Tentu saja akibatnya kita akan menjadi makhluk yang tak berharga lagi rugi, gagal, bahkan menjadi hina di mata manusia maupun Allah SWT karena berbuat zalim kepada diri sendiri. Na'udzubillahi min dzalik!
Bagaiman prilaku adil terhadap diri sendiri????
Bila kita berlaku adil terhadap diri sendiri dengan baik maka hidup ini akan jauh lebih indah dan menyenangkan, tubuh akan segar dan sehat, akal pikiran kitapun kian cerdas dan berwawasan luas, hati kita jernih dan lapang serta iman dan amalpun kiat menguat dan melimpah sehingga prestasi dunia akhirat insya Allah didapat.
Oleh karena itu perlakukanlah tubuh kita dengan adil. Bersihkan selalu, beri makanan yang sehat, seimbang dan halal. Istirahat yang memadai dan berolahragalah sebagai amal sholeh kita. Jangan lupa untuk mengasah akal kita dengan memperbanyak belajar.
Dan tak kalah pentingnya, latihlah manajemen diri kita terutama qolbu agar kian bersih dari berbagai penyakit sombong, takabur, riya, dengki dan aneka penyakit hati lainnya, supaya hak hati agar dekat dengan Allah sebagai buah dari bersih hati.
Ibadah yang tulus dan istiqomah serta mati-matian menjaga diri dari perbuatan dosa dan maksiat adalah kunci hidup tentram. Semoga dengan adil terhadap diri sendiri akan berdampak baik dalam perilaku adil kita dalam hubungan keluarga dan bermasyarakat juga terhadap sesama makhluk hidup.

Semoga bermanfaat
Bagaimana menurut anda? Atau anda memiliki pendapat yang berbeda, silahkan disampaikan disini..

14 komentar:

Sungai Awan on 22 April 2010 pukul 13.14 mengatakan...

Berlaku adil terhadap diri sendiri akan lebih baik sebelum adil ke orang lain kawan

Mauren Fitri ID on 23 April 2010 pukul 03.44 mengatakan...

idem sama yang diatas ane. selamat pagi :)

Anonim mengatakan...

Wah sungguh artikel yang sangat bagus mas donnie...

Memang kita harus selalu adil kepada siapapun dan kepada diri sendiri...

Keep Spirit!

ina on 24 April 2010 pukul 10.26 mengatakan...

adil pada diri sendiri???
hemm... boleh boleh...
keren artikelnya :D

Om Rame on 29 April 2010 pukul 21.08 mengatakan...

kebersihan hati untu keadiLan di dunia dan kesejahteraan di akhirat.
------------
kunjungan perdana, saLam kenaL.

Tipspack on 29 April 2010 pukul 22.05 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Tipspack on 29 April 2010 pukul 22.07 mengatakan...

Semua orang memang perlu keadilan... Ditunggu artikel selanjutnya.. :)

Tipspic.Com

Rinda on 30 April 2010 pukul 11.25 mengatakan...

duh betul bgt nie,adil emang hrs mulai dr diri sendiri ^_^

Salon Oyah on 30 April 2010 pukul 23.49 mengatakan...

Sebenarnya perilaku zalim itu sndiri sebenernya utk menutupi kelemahan dlm diri si pelaku sndiri... cobalah ditelusuri scara psikologis, biasanya akan mengacu ke masa kecil si pelaku... misalnya, wkt kecil sering ditindas/diperlakukan kasar/direndahkan, maka utk membalas sakit hati/kekecewaan masa lalu... dia melakukannya ketika dewasa, apalagi klo jadi org yg berpengaruh, kaya, berjabatan tinggi, dll...

Unknown on 5 Mei 2010 pukul 07.23 mengatakan...

keadilan harus ditegakan

Anonim mengatakan...

keadilan memang harus ada dan semuanya harus adil......

Natural Nusantara on 23 Mei 2010 pukul 21.39 mengatakan...

menggapai mimpi dan cinta kita terhadap negeri dengan menegakkan keadilan

Unknown on 1 Juni 2010 pukul 11.02 mengatakan...

Sebuah 'kunci hidup tenteram' kami dapatkan dari artikel ini. Keadilan memang dambaan seluruh manusia di muka bumi ini. Trims sharingnya yang mendalam sebagai bahan refleksi bagi kami dalam menjalani hidup ini.

Anonim mengatakan...

Adil hanya ada di kehidupan berikutnya....

Posting Komentar

 

My Blog List

Followers

Blog Manajemen Diri Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template