Kamis, 11 Februari 2010

Menghadapi Rekan Kerja Pemalas

Pernah gemas terhadap teman pemalas atau lamban? Jika tidak merugikan diri sendiri, teman semacam ini memang tidak perlu dipusingkan. Masalahnya, banyak orang yang sering dirugikan, terlebih mereka yang pekerjaannya langsung terhubung dengan sang pemalas tersebut.
Usaha yang perlu kita lakukan untuk mengatasi rekan kerja seperti ini adalah mengajaknya berbicara secara pribadi. "Berbicara secara pribadi akan membuka komunikasi dua arah, untuk mengetahui alasan dibalik sikapnya.
Teguran satu arah cenderung tidak mempan, karena biasanya tidak berhasil menyentuh ego atau bahkan akan memperkuat ego yang bersangkutan yang akhirnya akan menunjukan sikap perlawanan. Melalui pembicaraan pribadi yang terbuka kita akan berkesempatan untuk mengetahui dan memahami masalah yang mendasari sikapnya. Sikap simpati yang kita tunjukan biasanya akan mampu membuka ruang hati seseorang untuk balik memahami situasi kita.
Bila cara tersebut tidak berhasil, bisa jadi kecenderungan lamban dan malas bukan hanya dikarenakan oleh sikap mental yang destruktif, tetapi merupakan sifat kepribadian yang sudah melekat, sehingga sulit diperbaiki. Kelompok orang tersebut masuk dalam tipe tertentu (tipe X) yang cenderung malas, lamban, tidak berinisiatif, enggan mengembang tanggung jawab dan harus diawasi ketika bekerja. Bila hal ini yang terjadi dan sikapnya sudah betul-betul menggangu kinerja kelompok atau tim hal ini sudah diluar tanggung jawab kita dan boslah yang harus menghadapinya. Hal ini dilakukan mengingat bos/pimpinan adalah orang yang secara struktural mempunyai kewenangan menilai, mengawasi dan menegur atau bahkan melakukan tindakan mendisiplinkan.
Mereka yang bertipe X jarang mempunyai motivasi kerja internal, sehingga perlu dorongan, baik berupa sanksi atau hadiah dari mpihak yang dianggapnya berwenang.
Menegur teman seperti ini bisa juga nerusak pertemanan, jika cara-cara yang dilakukan dinilainya menyakitkan atau merugikan dirinya. Untuk iru cobalah membuatnya paham bahwa bila ia tidak mengubah sikapnya, tak ada cara lain selain melaporkannya kepada pimpinan.
Menghadapi rekan kerja yang tidak produktif. tetapi memiliki backing kuat bisa menjadi dilema. Kita dapat menganggapnya ada tapi tiada, melibatkannya dalam pekerjaan, tetapi tidak mengandalkannya.

"semoga bermanfaat"

6 komentar:

best phone apps on 11 Februari 2010 pukul 16.07 mengatakan...

susah juga kalau ketemu hal seperti itu ya.:D

Mizan on 13 Februari 2010 pukul 04.08 mengatakan...

setuju ama sobat Gambut,,, Ane jg bingung tuh, yg kyak gitu klo seandainya orangnya itu temen ane sendiri.. :(

Mizan on 14 Februari 2010 pukul 18.26 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
ardigonenix on 21 Februari 2010 pukul 12.43 mengatakan...

memang bikin sebel juga gan, apalagi aku yg kerja di instansi negeri, rajin males dapetnya sama, tapi karena sdh biasa yg dinikmati aja.

Anonim mengatakan...

numpang nyimak gan :)

Unknown on 14 Agustus 2010 pukul 13.51 mengatakan...

There are many websites cheap christian louboutin fernando sandal that sell brand name designer ladies handbags and will ship them right to your door. This often affords the discount christian louboutin shoes 70 off consumer the biggest selection and it also allows a chance to compare prices. It’s important to be careful when purchasing a louboutin shoes on sale quality designer bag in this way because you’ll want to be wary of imitations. uk christian shoes co Going to your local department store is a wonderful place to find a less expensive handbag. christian louboutin discount uk Most department stores don’t cater to women who are looking for a pricey handbag instead they have a varied selection christian louboutin boutique of reasonably priced and attractive ladies handbags

Posting Komentar

 

My Blog List

Followers

Blog Manajemen Diri Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template