Senin, 22 Maret 2010

Sikap Cermat


Sikap cermat merupakan salah satu syarat bagi terbentuknya karakter yang kuat. Seorang ahli ikhtiar memiliki tingkat kepekaan yang tinggi sehingga sangat berhati-hati dalam menjalankan tugas, cermat, teliti dan akurat dalam segala hal. Termasuk penggunaan sumber daya dalam bentuk apapun sangat diperhitungkan dengan cermat, hemat dan padat manfaat. Dijauhinya sikap menganggap remeh kelalaian dan kecerobohan karena semua itu adalah biang dari kesalahan dan kegagalan. Tentu saja sikap yang serius dan waspada harus dalam batas kewajaran. Jika dilakukan secara berlebihan akan membuat suasana menjadi penuh ketegangan, bahkan akan menjadi stres dan hal ini merupakan sarana berbuat kesalahan pula.
Pada dasarnya setiap orang haruslah menjadi seorang manusia yang cermat. Dalam arti harus selalu berusaha menjadi seorang yang terlatih, terampil dan terbiasa berpikir efektif, kreatif, sistematis dan positif, sehingga mampu membuat perencanaan, melaksanakan rencana dan mengambil keputusan yang cepat, tepat dan akurat, berdasarkan hasil analisis optimal dalam setiap situasi dan kondisi.
Keseharian yang dilakukannya adalah optimalisasi kemampuan berpikirnya. kemampuan bertafakurnya dalam rangka menggali hakekat kebenaran, hikmah dibalik kejadian, juga potensi dalam diri dan lingkungannya, sehingga akan muncul sikap yang arif, efektif dan tepat dalam mengatasi berbagai tantangan dana masalah yang ada.
Sikap cermat menuntut kemapuan untuk berpikir efektif, efisien serta sangat hemat dari pikiran yang sia-sia, bahkan sangat menjauhi pikiran kotor atau pikiran apapun yang merusak. Setiap berpikir selalu diawali dengan niat yang baik dan tulus, dengan tekad menemukan solusi terbaik yang paling luas manfaatnya, dan yang paling minimal menimbulkan kerugiaan. Oleh karena itu, seorang hamba ahli pikir selalu berpikir positif, senang berpikir keras, berpikir cepat dan efektif, tajam dan kritis serta terlatih untuk menemukan masalah dan potensi masalah.
Dari sanalah akan muncul kemampuan untuk merencanakan, memecahkan, dan melaksanakan penyelesaian masalah dengan baik dan benar. Tidak mau berpikir jahat, keji, mesum, kotor, berangan-angan kosong, lamunan hampa makna atau pikiran negatif lainnya.
Pribadi yang cermat juga mampu berpikir fokus dan sistematis. Ia mampu berkonsentrasi, berpikir tajam dan mendalam. Pikirannya selalu dikelola secara sistematis dengan menyusun prosedur pelaksaan tugas secara detail dan akurat. Ini adalah buah dari pemahaman yang benar terhadap potensi, bakat dan karakter dirinya yang akhirnya membuahkan lompatan-lompatan kemampuan berpikirnya jauh diatas standar rata-rata.
Orang cermat biasanya memiliki kemampuan untuk menemukan aneka potensi, bakat dan karakter positif maupun negatif serta masalah yang ada pada dirinya secara objektif sehingga mampu menata rencana dan melakukan perubahan atau perbaikan yang paling sesuai untuk perkembanagn kemajuan dirinya, serta mampu mengukur dan menempatkan diri dengan tepat. Selain itu, ia sangat jeli melihat dan menilai peluang-peluang bagi dirinya, baik itu berupa kesempatan-kesempatan untuk berprestasi, untuk pengalaman bahkan untuk mencoba dan gagal sehingga ia bisa mengambil pelajaran darinya.
Demikian sikap cermat yang mudah-mudahan membuat manajemen diri kita lebih baik dan menjadi pribadi yang cemerlang dan memiliki karakter pribadi yang positif.

Bagaimana menurut anda? Atau anda memiliki sikap cermat yang berbeda, silahkan disampaikan disini..

9 komentar:

Herdoni Wahyono on 22 Maret 2010 11.32 mengatakan...

Seorang yang cermat sangat dibutuhkan sekali baik oleh perusahaan, dunia pendidikan maupun lembaga pemerintahan. Apabila banyak yang memiliki sikap cermat, maka Indonesia akan lebih cepat mengejar ketertinggalannya dengan negara lain yang maju. Kami terkesan dengan kemajuan negeri China, Iran dan India. Kapan Indonesia bisa seperti mereka ? Tentunya sikap cermat adalah salah satu modal yang harus kita miliki.

faiza on 22 Maret 2010 12.48 mengatakan...

ingin menjadi orang yang cermat..

sampai sekarang sya mrasa belummn jadi org spt itu,sya blum bsabrfkir sistematis..

trimakasih sdh mengingatkan..^^

BIZZNURSE on 22 Maret 2010 13.45 mengatakan...

Salam,
I like the idea of saving. Really got my pocket lighter these days because of eating too much ! hehe..

DUDE on 22 Maret 2010 15.52 mengatakan...

orang cermat akan mudah menanggapi situasi sulit

Dhana/戴安娜 on 23 Maret 2010 11.59 mengatakan...

salam sahabat
bagus infonya ,memang dibutuhkan sikap cermat pada diri seseorang,sehingga dalam menyikapi sesuatu hal akan lebih bertindak bijaksana seperti yang telah anda utarakan terima kasih good luck

inge / cyber dreamer on 23 Maret 2010 18.37 mengatakan...

thx for share...
selalu berusaha menjadi orang yang cermat...
walau kadang ada lalainya juga huhu

salam kenal & aku follow yah ^^

ina on 24 Maret 2010 10.20 mengatakan...

hehehehehehe... jdi inget
hemat cermat dan bersahaja waktu pramuka :D
wkwkwkwkwkwkw

batangharijambi on 26 Maret 2010 14.52 mengatakan...

wah bener banget t,
kita juga bisa belajar dari blog ini sob.

ryan on 14 Agustus 2010 13.49 mengatakan...

There are many websites cheap christian louboutin fernando sandal that sell brand name designer ladies handbags and will ship them right to your door. This often affords the discount christian louboutin shoes 70 off consumer the biggest selection and it also allows a chance to compare prices. It’s important to be careful when purchasing a louboutin shoes on sale quality designer bag in this way because you’ll want to be wary of imitations. uk christian shoes co Going to your local department store is a wonderful place to find a less expensive handbag. christian louboutin discount uk Most department stores don’t cater to women who are looking for a pricey handbag instead they have a varied selection christian louboutin boutique of reasonably priced and attractive ladies handbags

Poskan Komentar

 

My Blog List

Followers

Blog Manajemen Diri Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template